Apa Itu Boneka Maneki Neko

yaitu pajangan berupa kucing dari Jepang yang di buat dari porselen atau keramik. Samping kaki depan (tangan) pajangan ini diangkat seperti tengah menyebut orang.

Cek Jual Kado Wisuda banyak kado wisuda unk untuk hari istiewamu

Pajangan ini diakui membawa keberuntungan pada pemiliknya serta umum dipajang di toko, restoran serta beberapa tempat usaha. Maneki neko yang mengangkat kaki depan samping kanan diakui bisa menghadirkan uang, sesaat maneki neko yang mengangkat kaki depan samping kiri diakui menghadirkan konsumen. Maneki neko biasanya tidak di buat dengan ke-2 belah kaki depan diangkat karna tidak mau disebutkan telah menyerah angkat tangan. Jenis pajangan ini umumnya yaitu kucing belang tiga, kucing Japanese Bobtail dengan buntut pendek seperti buntut kelinci. Maneki neko juga di buat dalam beberapa warna beda seperti kuning emas atau hitam. Kucing sebagai jenis maneki neko konon tengah membersihkan muka dengan memakai samping kaki depan.

Screenshot_17.png

Maneki neko adalah contoh classic untuk kitsch yang bisa di buat dalam beragam warna, bermacam jenis, serta macam hiasan. Pajangan ini di buat jadi bentuk beragam jenis kepentingan keseharian, seperti : gantungan kunci, celengan, sampai pengharum ruang. Beberapa bahan beda yg tidak umum untuk buat maneko neko yaitu plastik atau kain perca. Dalam bhs Inggris, maneki neko dimaksud fortune cat (kucing keberuntungan) atau beckoning cat (kucing menyebut).

 

Asal usulsunting | sunting sumber

Terdapat banyak narasi mengenai asal mula maneki neko, tetapi susah ditetapkan versus yang paling benar.

 

Legenda Gōtoku-ji

Narasi ini datang dari kuil Gōtoku-ji, Setagaya, Tokyo.

Penguasa Domain Hikone yang bernama Ii Naotaka tengah dalam perjalanan pulang berburu dengan burung elang, serta lewat dimuka kuil Gōtoku-ji. Dimuka pintu gerbang, ia lihat kucing peliharaan biksu yang seperti menyebutnya untuk masuk ke kuil. Ajakan kucing itu dibarengi Ii Naotaka yang masuk kedalam kuil untuk beristirahat. Saat barusan ia meluruskan kaki, turun hujan dibarengi petir. Ii Naotaka begitu senang karna tidak basah kehujanan. Jadi rasa terima kasih pada kucing di kuil, Ii Naotaka menyumbangkan uang untuk pembangunan kembali Gōtoku-ji jadi satu kuil yang megah. Saat kucing itu mati, satu makam dibangun oleh biksu untuk dia. Sebagian lama lalu, Aula Manekineko dibangun di lingkungan kuil tersebut satu patung yang dinamakan Manegineko (招福猫児?). Memiliki bentuk berbentuk kucing yang tengah mengangkat samping kaki depan.

Gōtoku-ji adalah kuil klan Ii. Di kuil ini ada makam Ii Naosuke yang tewas karena pembunuhan diluar pintu gerbang Sakuradamon, Istana Edo pada th. 1860.

Legenda Jishō-in

Narasi ini datang dari Jishō-in, satu kuil di Shinjuku, Tokyo

Seseorang samurai bernama Ōta Dōkan tersesat di jalan sesudah nyaris kalah dalam Pertempuran Egotagahara (sekitaran 1476-1478). Mendadak dihadapannya, keluar seekor kucing yang melambaikan kaki depan, serta mengajaknya untuk beristirahat di Jishō-in. Sesudah beristirahat, kemampuan Ōta Dōkan sembuh serta menang dalam pertempuran. Jadi rasa terima kasih, patung Jizōson berupa kucing dipersembahkan pada kucing itu. Di masa datang, patung berupa kucing disebut-sebut jadi cikal akan maneki neko.

Menurut cerita beda dari kuil yang sama, seseorang pedagang kaya yang ditinggal mati anak tercintanya menghadirkan patung Jizōson berupa kucing.

Tradisisunting | sunting sumber

Maneki neko dipandang jadi benda pembawa keberuntungan. Orang Jepang banyak yang membelinya pada th. baru. Maneki Neko seringkali di jual dengan kumade di kios pasar kaget yang berjualan diluar kuil Shinto. Diluar itu, toko pajangan yang jual maneko neko dalam beragam ukuran seringkali didapati di kota-kota dengan kebiasaan dagang yang kuat.

 

Pinggir kota Takasaki, Prefektur Gunma di kenal jadi pusat kerajinan maneki neko serta daruma. Maneki neko asal Takasaki biasanya di buat dengan tehnik hariko (rangka kayu ditempel washi). Diluar itu, maneki neko produksi Takasaki juga di buat dari keramik atau plastik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s